foto1
Tampilan Baru Gedung Pengadilan Agama Padang Panjang
foto1
Sistem Terbaru dari Pengadilan SIPP
foto1
Sitem Pengawasan Online Mahkamah Agung
foto1
Suasana Ruangan Asi, Balita dan Mediasi
foto1
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2018
foto1
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 01 Juni 2018


Melayani Dengan Hati dan Hati-hati

Seputar Pengadilan

Statistik Pengunjung

056145
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
214
183
675
54901
1663
3753
56145

Your IP: 54.144.100.123
Server Time: 2018-11-14 15:39:57

Hakim dan Pegawai

Nonton Bareng Warga Pengadilan Agama Padang Panjang

Dalam Rangka Peresmian Operasinal 85 Satker Pengadilan Baru Di Lingkungan Mahkamah Agung RI

 

Padang Panjang 22 Oktober 2018,

Bertempat di ruang sidang Pengadilan Agama Padang Panjang Antusias warga Pengadilan Agama Padang Panjang dalam rangka menyaksikan peresmian operasional 85 Pengadilan baru melalui Live Streaming yang di siarkan langsung oleh Mahkamah Agung RI Live yang bertempat di Melonguane, Kabupaten Kepulauan Talaud Propinsi Sulawesi Utara.

 

Ketua Mahkamah Agung Prof. Dr. M. Hatta Ali, S.H., M.H. mengatakan bahwa terbentuknya Pengadilan baru tidak semata-mata ditujukan untuk berdirinya sebuah bangunan Pengadilan di suatu daerah yang wilayah administratifnya mengalami pemekaran, namun yang lebih penting adalah bisa lebih mendekatkan akses keadilan kepada masyarakat dan para pencari keadilan yang berdomisilinya jauh dari lokasi pengadilan.

 

85 Pengadilan baru tersebut terdiri dari 3 (tiga) Badan Peradilan yangitu 30 (tiga puluh) Pengadilan Negeri, 50 (lima puluh ) Pengadilan Agama, 3 (tiga) mahkamah Syar’iyah dan 2 (dua) Pengadilan Tata Usaha Negara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan sebagaian besar berada di Ibukota Kabupaten dan Kotamadya, kecuali untuk Pengadilan Tata Usaha Negara berada di Ibukota Propinsi.(fordilag_papp)

 Link Pdf

- Press Release Ketua MA Resmikan 85 Pengadilan Baru Di Melonguane.

 - Press Release 85 Pengadilan Baru bertekad Memberikan Layanan Prima Kepada Masyarakat

- Press Release 50 (lima Puluh) Pengadilan Agama dan 3 (tiga) Mahkamah Syar'iyah Baru Siap Beroperasi dan Layani masyarakat.

Peringati Hari Lahir Pancasila, PA Padang Panjang Menyelenggarakan Upacara Bendera

Pengadilan Agama Padang Panjang menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila Tahun 2018 pada hari Jumat tanggal 01 Juni 2018. Bertempat di halaman depan Pengadilan Agama Padang Panjang, Hakim dan Pegawai Pengadilan Agama Padang Panjang mengikuti jalannya upacara bendera dengan penuh khidmat. Upacara bendera dalam rangka peringatan hari lahir Pancasila Tahun 2018 ini mengambil tema “Selamat Hari Lahir Pancasila: Kita Bersatu, Berbagi dan Berprestasi”. Dalam upacara tersebut Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang Ibu Mursyida, S.Ag., M.H. bertindak sebagai Pembina Upacara. Dalam amanat upacara, Pembina Upacara membacakan sambutan Presiden RI.

 Sambutan Presiden RI yang dibacakan Pembina Upacara dalam amanat upacara, disampaikan bahwa kita harus memanfaatkan hari lahir Pancasila ini sebagai momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. Kemajemukan bangsa Indonesia harus dijadikan sumber motivasi kebersatuan dan kegotongroyongan bangsa, berbagi pengalaman dalam berbhineka tunggal ika, serta berprestasi dalam membangun bangsa.   

{AyuMulya/Cakim2018}

 

Kunjungan Tim Monitoring Pelatihan Dasar CPNS (Habituasi)

di Pengadilan Agama Padang Panjang

 

Kedatangan Tim Monitoring Badan Litbang Diklat Hukum Dan Peradilan MA RI di Pengadilan Agama Padang Panjang disambut oleh Ketua dan Plt. Sekretaris Pengadilan Agama Padang Panjang pada hari Kamis tanggal 03 Mei 2018. Sebelum kunjungannya ke Pengadilan Agama, Tim Monitring sudah terlebih dahulu berkunjung ke Pengadilan Negeri Padang Panjang. Sesuai surat Kepala Badan Litbang Diklat Hukum Dan Peradilan MA RI Nomor: 173:/Bid/S/4/2018 Tanggal 27 April 2018 Tentang Monitoring Pelatihan Dasar CPNS-Habituasi Tahun 2018, monitoring hanya dilakukan di tiga satuan kerja untuk Provinsi Sumatera Barat, yaitu di Pengadilan Negeri Padang Panjang, Pengadilan Agama Padang Panjang dan Pengadilan Tata Usaha Negara Padang.

 

Dalam kesempatan itu,  Tim Monitoring menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan monitoring kepada Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang, bahwa Tim Monitoring akan memantau langsung peserta Pelatihan Dasar di Pengadilan Agama Padang Panjang. Tim Monitoring menanyakan beberapa hal terkait dengan mentor, coach, rancangan aktualisasi serta sarana dan prasarana kepada Mentor dan dua orang peserta Pelatihan Dasar CPNS Cakim di Pengadilan Agama Padang Panjang. Mentor dan dua orang CPNS Cakim juga diminta untuk mengisi form monitoring/observasi peserta latsar Gol III CPNS/ Calon Hakim Tahun 2018. Form untuk peserta berisi beberapa pertanyaan menyangkut penyelenggaraan diklat dan kendala-kendala seputar aktualisasi. Sedangkan form untuk mentor berisi pertanyaan seputar kemampuan peserta dalam mengaktualisasikan rancangan aktualisasi.

Peserta Pelatihan Dasar memanfaatkan moment ini untuk bertanya langsung kepada tim monitoring seputar aktualisasi dan seminar laporan aktualisasi. Tim Monitoring juga memberikan beberapa informasi terkait laporan aktualisasi dan seminar laporan aktualisasi yang pelaksanaannya akan dimajukan dari jadwal semula. Tim Monitoring juga mengingatkan peserta Pelatihan Dasar CPNS Cakim supaya tidak melupakan tugas tentang  Keterbukaan Informasi Publik yang harus telah selesai pada saat seminar laporan aktualisasi. Sebelum mengakhiri kegiatan monitoring di Pengadian Agama Padang Panjang, Tim Monitoring menyempatkan berfoto bersama di depan kantor Pengadilan Agama Panjang.  Selanjutnya Tim Monitoring akan berkunjung ke Pengadilan Tata Usaha Negara Padang.

{AyuMulya/Cakim2018}

 Ekspose Hasil Pembinaan dan Asistensi Persiapan Pelaksanaan Sertifikasi Akreditasi Penjaminan Mutu pada Pengadilan Agama Padang Panjang Tahun 2018

 

Bertempat di ruang sidang II Pengadilan Agama Padang Panjang, Kamis 12 April 2018 pukul 09.00 WIB acara ekspose hasil pembinaan dan asistensi terkait pelaksanaan SAPM pada Pengadilan Agama Padang Panjang berjalan lancar. Acara Ekspose dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang YM. Ibu Mursyida, S.Ag., M.H., dan sebagai narasumbernya adalah Pembina SAPM PTA Padang yang terdiri dari Drs. H. Jasrizal M.S., M.HI., Drs. Samwil, S.H. dan Zulfa Ulin Nuha, S.Kom. 

 

Ekspose ini merupakan rangkaian acara pembinaan dan asistensi terkait  persiapan pelaksanaan sertifikasi akreditasi penjaminan mutu pada Pengadilan Agama Padang Panjang Tahun 2018 yang telah dilakukan sejak tanggal 10 s.d. 12 April 2018. Acara Ekspose dihadiri oleh semua unsur Pengadilan Agama Padang Panjang, mulai dari Para Hakim, Unsur Kepaniteraan, Unsur Kesekretariatan sampai PPNPN Pengadilan Agama Padang Panjang. Semua peserta ekspose sangat antusias mendengarkan paparan dari pembina SAPM PTA Padang. Ini semua tidak terlepas dari komitmen dan semangat seluruh pegawai Pengadilan Agama Padang Panjang untuk bisa memperoleh nilai akreditasi terbaik yaitu “A Excelent” pada Penyelenggaraan SAPM Tahun 2018 ini.  

Ada beberapa hal yang disampaikan oleh Tim Asistensi SAPM PTA. Padang:

1.      Kelengkapan dokumen SAPM di seluruh bagian;

2.      Sarana dan Prasarana yang masih dalam pengerjaan

 

Selain itu, dalam acara ekspose juga dijadikan ajang orientasi bagi dua orang cakim yang baru bertugas atau habituasi di Pengadilan Agama Padang Panjang, yaitu Ayu Mulya, S.HI dan Ranti Rafika Dewi, S.H. Diharapkan para cakim bisa menjadi tenaga tambahan untuk mewujudkan SAPM Pengadilan Agama Padang Panjang.  

Salah satu pesan dari Bapak Drs. H. Jasrizal M.S., M.HI. selaku Ketua Tim Pembina SAPM PTA. Padang, bahwa tujuan dari akreditasi ini tidak lain adalah untuk mewujudkan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Sebagaimana yang Beliau kutip dari Bapak Mukti Arto, bahwa unsur pelayanan prima itu adalah memberikan pelayanan yang menyejukkan dan melayani dengan sepenuh hati.

Ekspose diakhiri dengan foto bersama pegawai Pengadian Agama Padang Panjang dengan Tim Asistensi SAPM PTA. Padang.

 

{Ayu Mulya/ Cakim 2018}

 

Mediasi Berhasil Damai di Pengadilan Agama Padang Panjang

Rona bahagia terlihat di wajah pasangan suami isteri Desrimal dan Bhernicka Kenanga pada saat menandatangani  perjanjian damai hasil mediasi. Mediasi yang dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 25 April 2018 tersebut menjadi langkah awal bagi pasangan suami isteri ini untuk kembali merajut bahtera rumah tangga yang lebih baik ke depannya.

Mediasi perkara cerai gugat yang berlangsung lebih kurang satu jam ini berakhir dengan penandatanganan perjanjian perdamaian dengan pencabutan perkara oleh Penggugat. Sebagai hakim mediator Bapak Faisal Amri, S.HI yang memediasi perkara cerai gugat ini juga ikut merasa bahagia dan bangga. Keberhasilan mediasi yang dilakukan oleh seorang hakim mediator merupakan prestasi tersendiri bagi Bapak Faisal Amri, S.HI. sebagai hakim meditor yang bersertifikat.

Dengan keberhasilan mediasi ini menambah daftar perkara yang berhasil dimediasi di Pengadilan Agama Padang Panjang dalam rentang waktu Januari sampai April tahun 2018. Sebelumnya sudah ada 3 (tiga) perkara yang berhasil dimediasi oleh para hakim mediator Pengadilan Agama Padang Panjang .

{Ayu Mulya/Cakim 2018} 

Raker Pengadilan Agama Padang Panjang Tahun 2018

Pada hari Senin 26 Maret 2018, diruang sidang Pengadilan Agama Padang Panjang serta seluruh pegawai PA Padang Panjang melaksanakan Raker tahun 2018, sebelum melaksanakan Raker Ketua Pengadilan Agama Padang Panjang, Hj. Mursyida, S.Ag., M.H. memaparkan program prioritas Pengadilan Agama Padang Panjang yang harus dilaksanakan oleh ASN dan PPNPN Pengadilan Agama Padang Panjang yaitu ;

1.    Meningkatkan koordinasi, integrasi dan sinkronisasi antara Pimpinan, Panitera,Sekretaris serta Pejabat Struktural, Pejabat Fungsional dan Staf,

2.    Malaksanakan tugas-tugas teknis yustisial, administrasi umum, keuangan dan kepegawaian sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang berlaku,

3.    Meningkatkan pembinaan dan pengawasan baik teknis, kepaniteraan dan kesekretariatan,

4.    Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (Hakim, Pejabat Fungsional, Struktural dan Staf),

5.    Meningkatkan sarana dan prasarana gedung kantor Pengadilan Agama Padang Panjang melalui DIPA tahun 2018,

6.    Menigkatkan kualitas website sebagai bagian dari judicial reform,

7.    Meningkatkan kualitas SIPP.

“Program-program prioritas ini sudah jelas menjadi tolak ukur kita dalam menjalankan tupoksi selama tahun 2018 sehingga program kerja pun semakin terarah dan tepat sasaran. Mudah-mudahan hasil Raker ini menjadi pembuktian bahwa Pengadilan Agama Padang Panjang  selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk pelayanan masyarakat”, ucap Hj. Mursyida, S.Ag., M.H.